Kamis, 16 Agustus 2012

TOP 10 MAIN BATTLE TANK


Main Battle Tank (MBT) begitu identik dengan bobot yang berat dan meriam yang besar dengan daya hancur yang tinggi. Di dalam pertempuran, Main Battle Tank ini memegang peran penting baik untuk menyerang, bertahan sampai dengan mengangkat moril pasukan Infantri. 

Dalam posting kali ini kita akan melihat 10 Main Battle Tank terbaik dunia, dimulai dari peringkat paling bawah tentunya.

Peringkat 10 : Leclerc


Leclerc diproduksi oleh GIAT Industries di Perancis. Prototype Tank dibuat pertama kali tahun 1989. Tahun 1992, Tank ini mulai digunakan oleh Militer Prancis. Arab Saudi disebut sebagai negara pengguna terbanyak Tank ini, Negara sumber minyak ini memiliki ratusan tank Leclerc

Sesuain dengan kelasnya sebagai MBT, Bobot Tank Leclerc mencapai 56 ton yang dioperasikan oleh 3 awak yaitu komandan, penembak (Gunner) dan pengemudi (Driver). Leclerc diperkuat meriam 120 mm dan senapan mesin kaliber 12,7 mm, atau 7,62-mm.

Daya jelajah tank ini mencapai 650 km dengan tanki cadangan dan 550 km tanpa tanki cadangan, dengan Kecepatan maksimum mencapai 72 km/jam. Leclerc menggunakan mesin disel turbo VD V8X-1500 berkekuatan 1.500 tenaga kuda.

Keunggulan dari tank ini adalah Lapisan perlindungan yang terdiri dari baja, keramik and Kevlar sehingga sangat mudah diperbaiki jika terkena tembakan.


Peringkat 9 : Type 90 Jepang




Pada era Perang Dunia II, Jepang cukup mempunyai reputasi dalam hal kendaraan lapis baja. Reputasi ini sepertinya masih dipertahnkan oleh Negri Matahari Terbit sebut dengan membuat MBT Type 90 yang merupakan salah satu andalan pasukan bela diri Jepang. Tank ini mulai digunakan sejak tahun 1992.

Dengan berat 50,2 ton, Tank ini dioperasikan 3 awak dan dipersenjatai meriam kaliber 120 mm (kapasitas 40 peluru) serta senapan mesin kaliber 12,7 mm, atau 7,62-mm. 

Tank Tipe 90 memiliki daya jelajah 400 km, dan kecepatan maksimum 70 km/jam.Mesinnya menggunakan Mitsubishi 10ZG Disel yang mampu menghasilkan 1.500 tenaga kuda.



Peringkat 8 : KIA1




Korea Selatan sangat memperhatikan serius membangun angkatan perangnya, sebagai antisipasi jika terjadi perang dari Korea Utara. MBT andalan militer Korsel adalah KIA1 yang mulai dioperaskan oleh Angkatan Darat Korsel sejak tahun 2001. Jika melihat performa dari Tank ini, pasti yang terlintas dalam pikiran kita adalah Tank  M1A1  Abrams milik US. ternyata bukan hanya bentuknya, persenjataan dan teknologi KIAI tidak jauh berbeda dari Tank M1A1 Abrams. Wajar saja karena US dan Korsel adalah pasangan mesra. 

Dengan bobot 54,5 ton, KIA1 dioperasikan oleh 4 awak yang terdiri dari komandan, penembak (Gunner), pengisi peluru, serta pengemudi. Tank ini dipersentai meriam kaliber 120 mm dan dua senapan mesin yang dioperasikan oleh Komandan Tank (senapan mesin 12,7mm) dan penembak (senapan mesin 7,62 mm). Daya jelajahnya mencapai 500 km dan kecepatan maksimum 65 km/jam


Peringkat 7 : Tipe 99 China



MBT Tipe 99 adalah pembaharuan dari Tipe 90. Tipe 99 mulai dipergunakan oleh militer China sejak tahun 2001. Tank ini memiliki perlindungan sampai 1200 mm. Perlindungan yang cukup tebal untuk menahan gempuran dalam pertempuran head to head MBT.

Bobotnya mencapai 54 ton dengan 4 awak, Tank Tipe 90 dilengkapi meriam kaliber 125 mm dan dapat digunakan dengan misil 9K119 Refleks yang dikenal sebagai senjata pembunuh MBT.

Tank ini memiliki daya jelajah 600 km (dengan tanki tambahan). Kecepatan maksimum 60 km/jam (di jalan offroad) dan 80 km (di jalan raya). Sebuah kecepatan yang cukup wah untuk kelas MBT.



Peringkat 6 : Tank Merkava Mk IV



Tank buatan Israel ini bobtnya mencapai 65 ton. Bobot Paling berat di antara sesama MBT. Mulai digunakan tentara Israel sejak tahun 2004, Merkava merupakan tank yang memiliki proteksi paling kuat terhadap serangan saat ini.

Tidak hanya di bagian atas tank, bagian bawah pun dilapisi baja cukup tebal untuk menahan ledakan ranjau darat. Wajar saja, Israel selalu waspada terhadap serangan lawannya dari jazirah Arab.

Tank Merkava Mk IV dioperasikan 4 awak. Senjatanya meriam kaliber 120 mm, mortir 60 mm, satu senapan mesin 12,7 mm dan dua senapan mesin 7,6 mm. Daya jelajah 500 km dengan kecepatan maksimum 70 km/jam.



Peringkat 5 : Tank T-90



T-90 menjadi andalan Rusia di era pasca Perang Dingin yang merupakan pengembangan dari T-72 era perang dingin. Bentuknya yang sangar yang menjadi ciri khas dari MBT ini.

T-90 dioperasikan 3 awak dengan berat 46,5 ton. Persenjataan terdiri darimeriam kaliber 125 mm dan dua senapan mesin. Daya jelajah 550 km dengan kecepatan maksimum 60 km/jam.

Ada beberapa varian Tank T-90, selain digunakan untuk pertempuran, Rusia juga membuat varian penyampu ranjau dan keperluan zeni konstruksi. India membeli lisensi dari Rusia untuk membuat tank kelas beratnya sendiri, Bhisma.

Rusia kini sedang mengembangkan T-95, sebuah monster kelas berat berlapis baja yang lebih canggih.


Peringkat 4 : K2 Black Panther 



K2 Black Panther disebut-sebut sebagai Generasi Pengganti seluruh tank K1 Korea Selatan. Beberpa sumber dan situs-situs persenjataan Militer menyebutkan bahawa tank ini adalah MBT yang paling mahal saat ini.

Sistim perlindungan diri mangambil dari M1A2 Abrams, dengan bobot yang lebih ringan yaitu 55 ton.

MBT K2 dioperasikan 3 awak dengan persenjataan meriam kaliber 120 mm, dan dua senapan mesin.

Dengan daya jelajah 430 km dan kecepatan maksimum 70 km/jam, K2 akan menjadi hantu yang menakutkan bagi Kavaleri Korea Utara apabila terlibat dalam Head to head Battle Tank.



Peringkat 3 : MIA2 Abrams



Inilah tank andalan Amerika Serikat. Pelindungnya dilapisi uranium dan lapisan dalam tank dilapisi Kevlar untuk menjamin keselamatan kru tank.

MIA2 Abrams dioperasikan 4 awak dengan tugas sebagai komandan tank, penembak, pengisi peluru, serta pengemudi.

Tank ini dipersenjatai dengan meriam M256 120mm sebgai andalannya yang mampu menghancurkan tank lain dalam radius 4 Km, dan Tiga buah senapan mesin.

Tank dengan bobot 62,5 ton ini memiliki daya jelajah 400 km dengan kecepatan maksimun 67 Km.



Peringkat 2 : Challenger 2 


Inggris dikenal sebagai salah satu negara pembuat kendaraan lapis baja terbaik di dunia. demikian pula dengan MBT Challenger 2 yang memiliki proteksi sangat baik dalam menahan gempuran musuh.

Challenger 2 dioperasikan 4 awak. Masing-masing bertugas sebagai komandan tank, penembak, pengisi peluru, serta pengemudi.

Dengan bobot 62,5 ton dan dipersenjatai meriam kaliber 120 mm yang efektif digunakan pada jarak 3.000 meter serta mampu mencapai jarak 5.000 meter, tank ini memiliki daya jelajah 450 km, dengan kecepatan maksimum 70 km/jam.



Peringkat 1 : Leopard 2A6


Sejak masa PD II Jerman paling terkenal dengan produk-produk kendraan lapis bajanya, dan selalu menempati perinkat atas dalam sepanjang sejarah. Kita tentu tahu bagaimana Tiger Tank milik Jerman merajai setiap kancah pertempuran.


Hampir semua situs militer sepakat menobatkan Tank Leopard 2A6 sebagai MBT terbaik di dunia.

Tank Leopard 2A6 dengan bobotnya mencapai 62 ton, dioperasikan 4 awak yang terdiri dari komandan tank, penembak, pengisi peluru, serta pengemudi dipersenjatai dengan meriam kaliber 120 mm dan dua senapan mesin 7,6 mm.

Performa dari tank ini memang mengagumkan, dimana memiliki kemampuan mendaki hingga kemiringan 60 derajat dan melaju hingga 72 km.

Dengan daya jelajah 550 Km, selain Jerman sendiri, cukup banyak negara yang tertarik untuk menggunakan Tank ini memperkuat angkatan perangnya yaitu Kanada, Yunani, Belanda, Portugis dan Spanyol menggunakan tank ini sebagai andalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar