Rabu, 15 Agustus 2012

Virginia Class - Kapal Selam Militer Tercanggih Saat Ini


AS masih terus memproduksi mesin perangnya walaupun perlombaan senjata bisa mengancam perdamaian dunia. Pembangunan kapal selam nuklir terbaru jenis Virginia (Virginia-class atau V-Class) telah disetujui oleh Komite Pengadaan Anggaran Pertahanan Kongres AS (HDAC), konon kapal ini diklaim tercanggih di dunia. Hal ini disebabkan ini untuk kali pertama dalam 100 tahun, kapal ini menerapkan teknologi sonar sebagai pengganti periskop.

Spesifikasi kapal selam V-Class merupakan pengembangan kapal jenis Trident dan Seawolf yang memaksimalkan teknologi sonar yang dibangun di galangan General Dynamics Electric Boat Division (GDEBD) Washington, ini dilaporkan oleh harian Courant-Times. Of course, kapal nuklir ini ditujukan mendukung militer AS dalam penerapan teknologi rudal balistik.

Virginia Class di Galangannya

Teknologi kapal V-Class menjadi terobosan pertama sejak AS membuat kapal selam berperiskop 100 tahun silam. Dengan teknologi sonarnya, V-Class bisa memindai dan memetakan dasar laut, daratan dan obyek dalam radius puluhan kilometer. V-Class akan membawa 150 rudal Tomahawk dan rudal balistik yang menjangkau sasaran di daratan.

Sejak AS membuat kapal selam berperiskop 100 tahun silam, teknologi kapal V-Class menjadi terobosan pertama. V-Class bisa memindai dan memetakan dasar laut, daratan dan obyek dalam radius puluhan kilometer dengan teknologi sonarnya. Untuk menjangkau sasaran di daratan, V-Class akan membawa 150 rudal Tomahawk dan rudal balistik.

Blueprint Dari Virginia Class

Hidungnya yang berbentuk kubah dan membuatnya mampu memecah gelombang sonar kapal musuh sehingga keberadaannya sulit dideteksi adalah keunikan dari V-Class. Karena menggunakan teknologi ini maka V-Class dijuluki “kapal siluman”. V-Class juga dilengkapi kapal selam mini (mini submarine) serta ruang kedap udara untuk keluar masuk awak kapal. Hal ini untuk misi intelejen.

Untuk lebih jelasnya, mari kita sedikit membedah tentang isi perut dalam kapal selam militer yg digadang - gadang sebagai kapal selam militer tercanggih saat ini :

Bagian Depan


Ruang Istirahat 
Punya fasilitas permanen berupa tempat tidur bertingkat bagi 119 orang. Bila Virginia melakukan tugas khusus maka sebanyak 41 tempat tidur tambahan bisa dibuat pada ruang terpedo. 

Bagasi 
Punya nama lain Lockout Trunk, Virginia bakal menjadi kapal selam pertama yang dilengkapi dengan bagasi built in. Bukan untuk menampung barang bawaan, bagian ini dipakai untuk jalan keluar masuk pasukan khusus (Navy Seal) ke kapal selam. Sebanyak 9 orang pasukan bisa ditampung sekaligus pada ruang bertekanan ini. 

Komando Pengendali 
Pemakaian teknologi fiber optik membuat desain ruang komando pengendali pada Virginia melenceng dari pakem sebelumnya. Sekarang ruang tersebut bisa ditempatkan pada dek tingkat kedua. Alasannya, kapal selam ini tak lagi memakai periskop konvensional. Revolusi lain yang diaplikasikan adalah soal tata ruang lega, dipenuhi dengan tampilan informasi berlayar lebar kini jadi karakternya. Semua dilakukan untuk memperlancar keputusan yang bakal diambil sang komandan. 

Masts
Mungkin lebih gamblang disebut sebagai antena pada kapal selam. Disini spesiesnya beragam tapi yang jelas semua berhubungan dengan perangkat elektronik. Tipe-tipe yang diusung Virginia adalah :
  • ESM - Kepanjangan dari Elektronic Support Measures kalau di simak akan terdiri dari antena GPS dan penerima gelombang radar yang dipancarkan oleh pesawat, kapal permukaan, dan kapal selam
  • Penerima Data - Antena Transmisi data berkemampuan tinggi 
  • Antena Multifungsi - Penerima gelombang radio dan antena transmisi 
  • Antena Pengatur Misi - Antena ini terhubung dengan pusat untuk melakukan aksi penugasan misi dalam kapal selam
  • Antena Photonics - Terdapat kamera pengintai. Perangkat ini menggantikan periskop konvensional 

Ruangan Terpedo 
Ruang terpedo, rudal, maupun ranjau dilontarkan dari empat tabung pengoprasiannya, dilakukan dengan bantuan pompa turbin udara (ATP-Air Turbine Pump) pompa ini memaksa air untuk masuk ke dalam tabung pelontar sesaat sebelum peluncuran. Begitu ada perintah penembakan maka senjata tadi akan melesat meninggalkan kapal selam setelah melalui pintu putar. 

Penyerang Darat 
Selain tabung terpedo, Virginia juga dilengkapi dengan selusin sistem pelontar vertikal (VLS-Vertikal Launcing System). Dengan tabung pelontar beraliran VLS maka kapal selam ini juga punya kemampuan serang darat. 

Lambung 
Metal berkualitas nomor satu merupakan bahan dasar lambung Virginia. Tak dijelaskan tipikal metal yang dipakai. Namun yang jelas bahan tadi mesti bisa menahan tekanan hingga kedalaman laut 800 kaki. Selain metal juga ditempeli dengan lapisan semacam karet. 

Kubah Hidung
Kubah pada bagian hidung Virginia terbuat dari bahan komposit. Dengan demikian maka gelombang suara bisa menerobos hingga bola sonar

Bola Sonar
Piranti Hydrophone diletakkan pada bola sonar. Punya sisitem kerja pasif, alat ini bisa mendeteksi gelombang suara yang dihasilkan oleh suatu benda dari jarak bermil-mil. 

Sonar 
Kalau makhluk hidup mempunyai indera keenam, maka ia pantas menyendang predikat luar biasa. Nah, bila disimak, Virginia punya indera pengendus sebanyak tujuh buah indera pengendus, indera pengendus yang biasa disebut sonar ini tersebar di sekujur tubuhnya mulai dari bagian dagu, menara, bagian bawah hingga buntut kapal. Dari sekian banyak perangkat, sonar dibagian dagu yang terhitung jadi barang baru. Dengan alat tadi maka awak Virginia bisa tahu karakter dasar samudera hingga posisi ranjau laut dengan akurat


Bagian Tengah


ASDS
Virginia juga dilengkapi dengan wahana bawah air ASDS (Advenced SEAL Delivery System), wahana ini berfungsi untuk menghantarkan pasukan khusus dalam operasi penyusupan pantai.

Ruang Mesin 
Terletak berdekatan dengan tangki. Disinilah sebenarnya kelangsungan hidup kapal bergantung, mulai dari sistem propulsi, pembangkitan listrik, sistem hydrolik, kompresor udara, sistem destilasi air laut, hingga pengondisian udara, semuanya jadi satu di ruang mesin. 

Ruang Kemudi
Dari namanya saja sudah bisa ditebak tugas yang harus dilakukan awak di ruang ini. Benar, mereka bertugas untuk mengontrol kinerja turbin propulsi. Selain itu masih ada lagi, kinerja generator listrik serta reaktor nuklir adalah tanggung jawab lain dari petugas di ruang kendali. 

Kompertemen Reaktor 
Sumber pakan bagi propulsi kapal selam terletak pada kompartemen reaktor. Walau tak disebutkan tipe reaktor yang diadopsi, namun dipercaya Virginia mencomot reaktor nuklir paling canggih saat ini. 


Bagian Belakang


Tabung Baling-baling (Propulsor Duct)
Ini merupakan salah satu karakter khas Virginia yang paling gampang dikenali dari luar. Mereka menyebutnya dengan nama Propulsor Duct. Bila diartikan kurang lebih sama dengan tabung pelindung baling-baling propulsi kapal selam .

Tanki Ballast/Trim
Tangki yang terletak di bagian depan dan belakang kapal berfungsi untuk menampung air ketika kapal akan menyelam. Sebaliknya agar bisa kembali ke permukaan maka kedua tangki tadi mesti di kosongkan. Selain itu ada pula tangki yang bernama trims tanks, bagian tadi berguna untuk mengatur keseimbangan serta bobot saat menyelam

***

Itulah tadi sedikit gambaran tentang isi perut dari Virginia Class yg merupakan kapal selam militer tercanggih saat ini dan merupakan musuh krusial bagi Typhon yg merupakan kapal selam militer utama AL Rusia. Walaupun AS telah mengeluarkan dana yg tidak sedikit untuk pengembangan kapal selam ini, tapi setidaknya kapal selam ini akan menjadi rujukan untuk pengembangan teknologi dimasa depan karena diusungnya teknologi - teknologi canggih pada kapal selam militer ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar